AliExpress to eBay Dropshipping – Panduan Lengkap

Jika Anda sedang mencari untuk memulai bisnis eBay dropshipping, kemungkinan Anda telah mempertimbangkan untuk menggunakan AliExpress sebagai pemasok Anda.

Panduan berikut akan memberikan informasi penting yang perlu Anda ketahui sebelum memulai perjalanan bisnis AliExpress dropshipping Anda, serta panduan berguna untuk memulai.

how to dropship from aliexpress to eBay

 

 

Tonton: Panduan Langkah demi Langkah AliExpress ke eBay di 2023

 

 

1. Persiapkan Toko eBay Anda

Untuk memulai, kita perlu mempersiapkan toko eBay Anda. Langkah pertama Anda di sini adalah membuka akun Anda di eBay, dan kemudian memilih opsi “menjual” di tab “my eBay”.

 

Untuk melanjutkan, Anda perlu memberikan nama, lokasi, dan rincian kontak lainnya sehingga eBay dapat memverifikasi akun Anda.

CATATAN: Jika Anda sudah menggunakan akun eBay reguler sebelumnya, selalu disarankan untuk menggunakan akun ini untuk menjual demi memanfaatkan umpan balik yang sudah ada.

Ini akan membantu meningkatkan tingkat konversi Anda karena pembeli akan melihat Anda sebagai lebih dapat dipercaya.

Meskipun ada biaya yang terkait, kami selalu merekomendasikan untuk membuka toko eBay jika itu dalam anggaran Anda.

Ini penting karena memungkinkan Anda untuk mendapatkan akses ke biaya penjual yang lebih murah, dan meningkatkan jumlah produk yang dapat Anda daftarkan – terutama ketika Anda baru memulai.

 

2. Menyiapkan Pembayaran yang Dikelola

CATATAN: Pada saat pembaruan ini pada tahun 2023, eBay tidak lagi menggunakan Paypal sebagai prosesor pembayaran. Hal ini telah berlaku sejak tahun 2021.

eBay sekarang hanya memperbolehkan pembayaran yang dikelola eBay, yang berarti bahwa biaya dan pembayaran Anda semuanya ditangani oleh akun yang sama.

Jika Anda seorang dropshipper yang menjalankan lebih dari 1 toko dan Anda merasa proses verifikasi ini merepotkan, Anda dapat tenang mengetahui bahwa Anda masih dapat menggunakan akun Payoneer yang sama untuk beberapa toko.

Langkah penting berikutnya adalah menyiapkan prosesor pembayaran Anda sehingga eBay dapat memproses dana atas nama Anda, mengenakan biaya, dan membayarkan hasil penjualan yang Anda buat di platform ini.

Payoneer adalah pilihan prosesor yang direkomendasikan dalam skenario ini. Menghubungkan akun Payoneer Anda ke pembayaran yang dikelola eBay sangat mudah.

Payoneer adalah mitra eBay, sehingga integrasinya lancar. Setelah Anda mendaftar untuk pembayaran yang dikelola, eBay akan mengirimkan email kepada Anda untuk menghubungkan akun Payoneer Anda.

Anda hanya perlu mengikuti panduan yang diberikan, dan Anda akan segera siap beroperasi.

 

3. Menyiapkan Kebijakan Toko Anda untuk Ali Express Dropshipping

Langkah penting berikutnya adalah menyiapkan kebijakan toko Anda, dan membuatnya sejalan dengan ketentuan yang Anda lihat di AliExpress.

Karena model dropshipping eBay diperiksa secara ketat oleh kebijakan eBay, menggunakan AliExpress sebagai pemasok dapat menimbulkan beberapa masalah karena AliExpress dianggap sebagai “marketplace” lain.

Oleh karena itu, kita perlu melakukan semua yang kita bisa untuk menjaga keamanan toko kita.

Ini termasuk penggunaan kebijakan toko yang mengatur harapan pelanggan dengan benar, sesuai dengan waktu pengiriman, kebijakan pembayaran, dan kebijakan pengembalian AliExpress.

 

store policies

 

 

Untuk memulai, buka halaman “kebijakan bisnis” di toko eBay Anda dan “Ikut Serta” (Opt In). Kemudian, cukup klik “mulai” dan Anda sudah dalam perjalanan.

business policy

Sekarang Anda dapat membuat berbagai kebijakan bisnis eBay untuk toko online Anda.

 

Kebijakan Pengembalian

Pertama, kita akan menyiapkan kebijakan pengembalian. Kebijakan ini perlu spesifik sesuai dengan ketentuan pemasok AliExpress, jadi kita dapat memberinya nama seperti “Kebijakan Pengembalian untuk AliExpress”.

returns policy

Cara Anda mengaturnya bergantung pada toleransi risiko Anda. Memiliki periode pengembalian yang lebih lama adalah faktor peringkat di eBay, dan juga membantu meningkatkan kepercayaan pembeli dalam membeli produk Anda, yang meningkatkan tingkat konversi.

Namun demikian, ada banyak risiko yang terkait dengan memiliki periode pengembalian yang lebih lama, terutama dengan AliExpress yang memiliki periode 15 hari untuk sengketa setelah produk disampaikan.

Kami merekomendasikan untuk mengatur periode pengembalian dana selama 30 hari, dan meminta bukti fotografi dari masalah tersebut, serta deskripsi mengapa pelanggan ingin pengembalian dana.

Dengan cara ini, jika ada masalah dengan produk, Anda selalu dapat menghubungi pemasok Anda di AliExpress, dan mencoba untuk mendapatkan kembali sebagian uang Anda.

Sebagian besar pemasok AliExpress mudah bekerja sama dan akan bekerja dengan Anda untuk mencapai solusi yang wajar.

 

Kebijakan Pengiriman

Kebijakan pengiriman Anda perlu mencerminkan kebijakan pemasok Anda di AliExpress. Menjadi penjual eBay yang sukses berarti bahwa kebijakan Anda perlu sangat ketat untuk sesuai dengan harapan pembeli Anda.

Salah satu masalah dalam menggunakan AliExpress sebagai pemasok adalah bahwa sebagian besar gudang mereka berada di luar negeri.

Ini berarti bahwa kebijakan pengiriman Anda perlu mencerminkan keterlambatan yang dialami dalam pengiriman internasional.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan memilih lokasi gudang di AliExpress agar sesuai dengan negara di mana toko Anda berada.

Ini akan memberikan Anda waktu pengiriman yang lebih menguntungkan dan mengatasi masalah keterlambatan dalam pengiriman internasional.

 

shipping policy

 

Kebijakan Pembayaran

Kebijakan pembayaran Anda tidak tergantung pada pemasok yang Anda gunakan. Ini hanyalah keputusan bisnis tentang cara Anda ingin dibayar oleh pelanggan Anda. Untuk langkah ini, Anda cukup masuk dan beri nama kebijakan Anda “kebijakan pembayaran” atau yang serupa.

Anda kemudian dapat memilih opsi pembayaran yang nyaman bagi Anda. Pastikan untuk mengaturnya sebagai kebijakan pembayaran default, dan pilih penyedia pembayaran utama yang Anda gunakan.

Pastikan untuk mengatur “mewajibkan pembayaran segera” sebagai opsi.

Ini dilakukan ketika pembeli membayar dengan “beli sekarang” dan mengurangi pekerjaan administrasi dalam mengikuti pembayaran jika mereka tidak menyelesaikan transaksi dalam satu kali.

 

4. Menyusun Produk Dropshipping dari AliExpress Anda.

Bagian selanjutnya adalah menyusun produk dropshipping untuk toko Aliexpress to eBay dropshipping Anda.

Ini adalah bagian yang paling dinikmati oleh sebagian besar penjual eBay dan dropshipper, karena di sinilah Anda menghasilkan uang!

Untuk melakukan ini dengan percaya diri, kami menggunakan ZIK Analytics – alat dropshipping eBay yang memungkinkan Anda dengan mudah menemukan produk yang menguntungkan untuk dijual di eBay.

Anda dapat mendaftar untuk uji coba 7 hari di bawah ini.

zik analytics trial

Untuk memulai, kita masuk ke tab “penelitian produk” di ZIK Analytics, dan mengatur lokasi pengiriman kita ke China.

Tujuan kita di sini adalah untuk menemukan penjual eBay dropshipping lain yang menjalankan bisnis eBay dropshipping yang sukses, dan mencerminkan produk terlaris mereka dengan mencantumkan produk yang sama persis atau produk AliExpress serupa di toko kita.

Untuk melakukannya, kita mencari niche yang luas, sebagai contoh kita mencari “jam tangan pria”.

men watch

 

TIPS PROFESIONAL: Kami mencari “men watch” daripada “mens watch” karena kadang-kadang dropshipper internasional dapat salah mengeja kata-kata,

sehingga memungkinkan kita untuk menemukan beberapa toko dropshipper yang belum banyak ditemui yang mungkin tidak akan kita temukan jika menggunakan ejaan yang benar.

ZIK memberikan 100 daftar pertama di eBay. Untuk mendapatkan informasi tentang penjual-penjual ini, kita memilih semuanya dan tekan “Pilihan ZIK”.

zik selection

 

ZIK mengambil semua informasi dari eBay dan memberikan statistik untuk 30 hari terakhir. Hal yang ingin kita lihat di sini adalah daftar produk dropshipping, di mana Anda dapat melihat berbagai penjual AliExpress, umpan balik mereka, asal mereka, dan metrik penjual penting lainnya.

Salah satu cara untuk mengidentifikasi dropshipper lain adalah dengan melihat negara tempat mereka berlokasi. Kami menemukan bahwa (secara umum) banyak dropshipper tinggal di Lithuania dan Israel.

Jadi, selalu baik untuk memeriksa toko-toko ini untuk melihat apakah Anda dapat mengidentifikasi dropshipper lain.

Begitu kami menemukan satu yang kami sukai, kami lanjutkan dengan menekan ikon “periksa penjual”.

 

scan seller

 

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan semua informasi tentang dropshipper ini. Dari sini, kami dapat melihat statistik keseluruhan toko mereka dan menghitung pendapatan bulanan mereka.

Kami dapat menemukan produk yang akan ditarget dengan melihat daftar penjualan sukses mereka yang memiliki setidaknya 5 penjualan bulanan dan tidak lebih dari 10 pesaing.

Saat kami menemukan produk yang memenuhi kriteria kami, kami cukup mengklik judul di dalam ZIK Analytics, dan itu akan membuka toko eBay mereka di mana kami dapat mendapatkan lebih banyak informasi tentang daftar mereka.

Kami dapat mendapatkan informasi tentang lokasi barang, jenis persyaratan pengiriman yang mereka tawarkan.

Jika kami memutuskan bahwa kami menyukai daftar tersebut, kami dapat kembali ke ZIK dan memilih opsi “tambahkan produk pemasok secara manual” dan “cari produk di AliExpress”.

 

add supplier

 

Dari sini, kita ingin mencari pemasok yang andal yang memiliki umpan balik yang baik dan telah berkecimpung dalam bisnis untuk waktu yang lama. Anda juga dapat melihat peringkat penjual yang lebih rinci.

Kami merekomendasikan melihat pemasok dropshipping yang memiliki peringkat 4.5 atau lebih.

Setelah kami memilih pemasok, kita dapat melihat semua informasi penting seperti biaya produk AliExpress, metode pengiriman yang ditawarkan, kecepatan pengiriman, dan biaya pengiriman.

Langkah berikutnya adalah menghitung keuntungan Anda.

 

Cara Menghitung Keuntungan Saat Dropshipping dari AliExpress ke eBay?

Bagian ini sangat penting untuk menjadi menguntungkan. Anda perlu mendapatkan angka-angka Anda sampai ke cent, karena kesalahan perhitungan dapat mengakibatkan Anda melakukan semua pekerjaan tanpa imbalan.

Untuk akurasi, kami suka menggunakan Kalkulator eBay ZIK Analytics di sini, namun jika Anda ingin melakukannya secara manual, Anda dapat mengikuti perhitungan berikut.

Keuntungan Dropshipping = Harga Jual * Modifikasi Biaya – Biaya Daftar – Harga Pembelian – Biaya Pengiriman

Where:

Harga Jual = $7.90 (Dari apa yang diumumkan oleh penjual lain)

Modifikasi Biaya = 0.86 (Ini adalah konstan yang kami gunakan yang mengurangi 14% dari harga jual kami untuk memperhitungkan biaya eBay dan prosesor pembayaran)

Biaya Daftar = $0.30 (Biaya daftar standar eBay)

Harga Pembelian = $2.20 (sesuai dengan daftar di AliExpress)

Biaya Pengiriman = $0.77 (Biaya pengiriman pemasok di AliExpress)

Kita mendapatkan keuntungan sebesar $3.52 ketika melakukan dropshipping dari AliExpress ke eBay, yang mungkin terlihat seperti keuntungan kecil, tetapi ketika Anda melakukannya dengan cukup banyak produk yang terjual beberapa kali sehari di eBay, keuntungannya benar-benar bertambah!

 

5. Mendaftarkan Produk AliExpress Anda di eBay

Langkah berikutnya adalah membuat daftar eBay Anda dengan barang-barang AliExpress yang menguntungkan. Untuk melakukan ini, kami hanya akan menjelaskan elemen-elemen paling penting dari proses dropshipping dalam panduan ini.

Jika Anda ingin tahu cara menjual di eBay sebagai pemula, Anda dapat melihat panduan ini.

Dalam panduan kami, kami memberikan informasi yang sangat detail tentang apa yang perlu Anda lakukan untuk memulai menjual dan mencantumkan produk di eBay.

Namun, jika Anda ingin mengetahui cara meliputi sebagian besar langkah penting, kami akan menguraikannya di bawah ini.

Dalam contoh ini, kita akan mencantumkan sebuah remote kontrol PS4.

 

Membuat Daftar eBay Anda

Pertama, kita perlu membuat daftar sebenarnya. Untuk melakukannya, kita kunjungi tab “jual” di bagian atas toko eBay Anda, dan Anda cukup memberi tahu eBay “apa yang Anda jual”.

Anda dapat memasukkan pencarian luas tentang produk Anda, termasuk warna dan model, dan kemudian eBay akan menampilkan daftar serupa.

Kita memasukkan “Remote Kontrol PS4”

listing a product

 

Temukan sesuatu yang mirip dengan apa yang Anda jual, perhatikan warna, model, dan detail item lainnya. Jika Anda sudah benar, Anda dapat memilihnya dan kemudian mengedit judulnya.

TIPS PROFESIONAL: Jika Anda tidak yakin bagaimana membangun judul eBay yang dapat meraih peringkat, Anda dapat melihat alat pembangun judul eBay kami di sini.

Kami merekomendasikan membangun judul yang menggunakan sebanyak mungkin kata kunci tingkat tinggi dan umum seperti pesaing Anda yang meraih peringkat.

Hal ini akan membuat daftar Anda muncul dalam pencarian eBay lebih sering, memberi Anda lebih banyak paparan kepada calon pembeli.

Anda juga ingin memastikan bahwa Anda menambahkan beberapa gambar, pastikan bahwa gambar utama Anda seunik mungkin. Hal ini memungkinkan Anda untuk menonjol dari penjual lain, yang akan meningkatkan tingkat klik Anda.

Selain itu, isi kondisi item dan informasi lain yang diminta.

 

Isi Informasi Daftar Anda

Untuk mengoptimalkan sepenuhnya daftar Anda, Anda perlu sepenuhnya mengisi daftar eBay Anda agar dapat mendapatkan peringkat lebih tinggi di eBay. Berikut adalah beberapa item yang kami sarankan untuk difokuskan:

  • Judul dan subjudul
  • Deskripsi
  • Kategori
  • Foto
  • Detail Barang
  • Variasi
  • Kebijakan pengiriman dan pengembalian (termasuk berbagai biaya pengiriman jika Anda memiliki beberapa pilihan)

 

Upaya sadar untuk sepenuhnya mengisi item-item ini akan membantu eBay untuk mendapatkan informasi penting yang mereka gunakan untuk membantu peringkat daftar Anda.

 

6. Memenuhi Pesanan Anda dari AliExpress

Jadi Anda telah menjual item pertama Anda!

Sekarang tiba saatnya Anda benar-benar memenuhi pesanan dan mengirimkan produk kepada pembeli eBay Anda.

Bagian dari proses ini cukup sederhana, tetapi ini adalah sesuatu yang banyak dropshipper khawatirkan. Kekhawatiran adalah bahwa pembeli akan mendapatkan informasi mereka, atau akan tahu bahwa produk ini berasal dari dropshipper karena label pada paket.

Berikut adalah cara kami menavigasi pemenuhan pesanan ketika melakukan dropshipping dari AliExpress ke eBay.

Langkah pertama adalah hanya menemukan item yang telah Anda jual di AliExpress dan menambahkannya ke keranjang.

Setelah kita berada di keranjang kita, kita akan mengisi rincian seolah-olah kita memesan item tersebut untuk diri sendiri, namun kita akan menambahkan rincian pelanggan ke AliExpress bukan rincian kita sendiri.

TIPS PROFESIONAL: Perhatikan semua opsi pengiriman, pastikan untuk memilih opsi tercepat dengan harga yang paling masuk akal.

Kami ingin memastikan bahwa kami menambahkan semua rincian pelanggan langsung ke alamat pengiriman, dan tidak ada informasi kami yang ada.

Kami melakukannya dengan memilih “tambah alamat baru” dan kemudian mengisi rincian sesuai.

 

adding customer information

 

Khawatir bahwa paket akan dikirim dengan menampilkan harga lebih rendah dari produk dropshipping?

Cukup “tinggalkan pesan” kepada pemasok Anda, memberi tahu mereka bahwa ini adalah produk dropshipping dan Anda tidak ingin ada informasi harga yang disertakan dalam paket.

 

leave message

Ini akan memberi tahu orang dari AliExpress bahwa ini adalah produk dropshipping dan agar mereka tidak menyertakan informasi harga yang sensitif dalam paket.

Akhirnya, Anda akan menempatkan pesanan Anda dan semuanya sudah siap!

Selanjutnya, Anda dapat menandai item Anda sebagai telah dikirim di eBay. Pemasok Anda akan memberikan rincian pelacakan sehingga Anda dapat melacak item tersebut dan memastikan sampai ke pelanggan Anda.

Pastikan untuk menggunakan kebijakan pengiriman yang mencerminkan waktu pengiriman produk ini ke pelanggan Anda.

Item yang tiba tepat waktu sangat memengaruhi peringkat penjual Anda, jadi ini perlu akurat.

Pemikiran Akhir

Dropshipping dari AliExpress ke eBay, seperti bisnis online lainnya, membutuhkan kerja keras.

Bagi banyak pemilik bisnis e-commerce, model bisnis dropshipping menarik karena memungkinkan Anda untuk menjalani gaya hidup yang memberi Anda lebih banyak kebebasan daripada pekerjaan 9-5 tradisional.

Kami sungguh-sungguh percaya bahwa siapa pun yang menerapkan diri mereka sendiri akan dapat menjadikan dropshipping dari AliExpress ke eBay sebagai usaha yang sukses, asalkan mereka bersedia menghadapi tantangan awal yang dihadapi oleh setiap bisnis baru.

 

Pertanyaan Umum

Apakah aman menggunakan AliExpress sebagai pemasok saya?

Menurut kebijakan dropshipping eBay, Anda harus menyadari bahwa ada risiko ketika menggunakan AliExpress sebagai pemasok Anda. Kebijakan eBay menyatakan bahwa dropshipping dari pemasok grosir umumnya diperbolehkan.

Namun, AliExpress tidak dianggap sebagai grosir, melainkan sebagai pasar lain. eBay secara tegas menyatakan bahwa ini bukan sesuatu yang mereka izinkan. Meskipun demikian, ada beberapa anggota dalam komunitas ZIK Analytics yang melakukannya dengan sukses besar.

Penting untuk memahami risikonya sebelum memulai, sehingga Anda dapat membuat keputusan yang berdasarkan informasi.

 

Bagaimana cara melakukan pesanan dropship di AliExpress?

Untuk melakukan pesanan dropship di AliExpress, Anda hanya perlu melakukan proses checkout seperti biasa, namun Anda menggunakan rincian pelanggan Anda dalam informasi pembelian.

Untuk memastikan pelanggan tidak diberikan informasi harga yang sensitif, selalu tinggalkan catatan kepada pemasok AliExpress Anda bahwa ini adalah pesanan dropshipping, dan untuk menjaga agar tidak ada informasi promosi atau harga dalam pesanan tersebut.

×

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK

Start your eCommerce Journey with ZIK